Peminatan adalah program kurikuler yang disediakan untuk mengakomodasi pilihan minat, bakat dan/atau kemampuan peserta didik dengan orientasi pemusatan, perluasan, dan/atau pendalaman mata pelajaran dan/atau muatan kejuruan. Peminatan Akademik adalah program kurikuler yang disediakan untuk mengakomodasi pilihan minat, bakat dan/atau kemampuan akademik peserta didik dengan orientasi penguasan kelompok mata pelajaran keilmuan. Peminatan pada SMA/MA memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan tiga kompetensi, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa sesuai dengan minat, bakat dan/atau kemampuan akademik dalam sekelompok mata pelajaran keilmuan.

 

       Kelompok Peminatan yang dipilih peserta didik terdiri atas kelompok Matematika dan Ilmu Alam (MIA), Ilmu-ilmu Sosial (IIS), dan Ilmu Budaya dan Bahasa (Bahasa). Sejak mendaftar ke SMA, di Kelas X seorang peserta didik sudah harus memilih kelompok peminatan dan lintas minat mana yang akan dimasuki.

Penentuan pemilihan kelompok peminatan di SMA dilakukan dengan mempertimbangkan;

  1. nilai rapor SMP/MTs,
  2. nilai ujian nasional SMP/MTs,
  3. rekomendasi guru bimbingan dan konseling di SMP/MTs,( jika ada )
  4. hasil tes penempatan (placement test) ketika mendaftar di SMA, dan
  5. tes bakat minat oleh psikokog.
  6. Juara OSN mapel IPA/ Matematika dsb

          Untuk mengolah nilai rapor dan nilai ujian nasional  SMP/MTs, satuan pendidikan dapat membentuk tim pengolah data. Nilai-nilai tersebut selajutnya diurutkan sesuai kebutuhan, bisa diurutkan berdasarkan nilai keseluruhan atau berdasarkan nilai setiap matapelajaran. Pengurutan berdasarkan nilai matapelajaran sangat disarankan karena akan membantu pihak SMA menempatkan peserta didik sesuai minat dan bakat serta didukung oleh data nilai matapelajaran yang akan ditempuh di SMA. Sebagai contoh seorang peserta didik yang memiliki minat mendalami kelompok matapelajaran Matematika dan Ilmu-ilmu Alam, maka nilai matematika dan IPA di SMP/MTs dapat dijadikan rujukan untuk menempatkan peserta didik bersangkutan sesuai kriteria yang ditetapkan SMA. Demikian juga nilai bahasa Indonesia dan bahasa inggris menjadi rujukan bagi peserta didik yang berminat mengambil kelompok peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya.

 

Para siswa silahkan mengisi data nilai rapor &  angket pilihan peminatan di link dibawah ini :

Dalam penulisan kelas agar sama gunakan nama nama senyawa dibawah ini:

R. 1 ditulis  KARBON

R.2 ditulis  HELIUM

R.3  ditulis  KALSIUM

R.4  ditulis  NATRIUM

R.5  ditulis  SODIUM

R.6  ditulis  HIDROGEN

R.7  ditulis  BROMIN

R.8  ditulis  KALIUM

R.9  ditulis  FOSFOR

R.10  ditulis  SULFUR

R.11  ditulis  NITROGEN

ini link yang perlu para siswa perhatikan :

http://bit.ly/peminatan_smaneta

Pengisian nilai nilai dan pilihan peminatan paling akhir pada hari Jumat tanggal 5 Juli 2019 pada pukul 20.00 wib. Jika siswa terlambat mengisi maka sanksinya siswa tidak akan dikelompokan peminatan.

Link dibawah ini dipergunakan untuk pengusulan data PIP dan program Dapodik

http://bit.ly/siswamts_smaneta

Link ini dipakai untuk mengisi data siswa baru SMA Negeri 1 Tumpang yang berasal dari lulusan MTs baik negeri maupun swasta. Pengisian terakhir pada tanggal 10 Juli 2019 pada pukul 20.00 wib.

http://bit.ly/datasiswa_smaneta

Link ini dipakai untuk mengisi data SELURUHNYA siswa baru SMA Negeri 1 Tumpang yang baikk berasal dari lulusan SMP/MTs baik negeri maupun swasta. Pengisian terakhir juga pada tanggal 10 Juli 2019 pada pukul 20.00 wib.

 

Jika para siswa mengalami kesulitan dalam pengisian silahkan hubungi kontak dibawah ini :

SURATNO  : 082336191776

MUH ARIF M  : 081333188988

108437
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
90
255
1246
105620
7078
8125
108437
Your IP: 18.206.14.135
2020-02-29 07:17