Diam-diam Indonesia memiliki situs pencari (search engine) produk dan harga, www.pricearea.com. Ia tercatat sebagai situs pertama mengenai harga dan produk yang ada di Indonesia.

 

Menurut pendiri situs ini, Andry Suhaily,www.pricearea.com dikembangkan untuk memudahkan publik mendapatkan informasi mengenai produk sekaligus harga produk dimaksud dengan mudah. ''Utamanya untuk produk-produk yang dijajakan secara online,'' kata Andry di Jakarta, Jumat.

 

Maraknya situs online yang menjajakan atau menjual produk, publik dihadapkan pada satu masalah, karena ada puluhan ribu atau ratusan ribu penjaja produk melalui online. ''Mereka butuh informasi produk atau harga yang bisa didapat dengan mudah tanpa repot,'' katanya.

 

Untuk mendapatkan informasi produk dan harga, kata Andry, seseorang seringkali membuka-tutup atau bahkan berulang-ulang membubuhkan alamat URL. Mereka kemudian mencari produk serta harga yang cocok di setiap halaman web. Cara seperti ini memang merepotkan. ''Dari sinilah kami mengembangkan search engine mengenai produk dan harga,'' kata Andry yang juga CEO www.pricearea.com.

 

"PriceArea merupakan pelopor mesin pencari dengan status terbesar dari segi data dan pengunjung yang mencapai 50 ribu per hari. Daftar produk yang ada di database mencapai 5 juta produk dengan 220 ribu penjual online seluruh Indonesia," kata Andry.

 

Memanfaatkan layanan yang tersedia tak dikutip biaya. Untuk mencari produk dan harga, pengguna cukup memasukan entry yang diinginkan, misalnya Blackberry Bold. Pengguna akan mendapatkan informasi mengenai produk, harga dan merchant yang menjualnya. Pengguna bisa mendapatkan informasi mengenai harga termurah dan termahal.

 

www.pricearea.com juga menyediakan pencarian populer di search engine ini, baik terpopuler harian, mingguan atau bulanan. Pencarian populer ini sekaligus menjadi pemandu seseorang yang akan mencari produk.

 

Andry menjelaskan, saat ini pihaknya menyediakan empat fitur yakni belanja, deal, berita dan artikel. ''Ke depan kami akan mengembangkan sejumlah fitur baru,''katanya. Ia menyebut akan menambah fitur jual, komunitas, aplikasi handphone.

 

 

***

000303
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
74
56
130
0
303
0
303
Your IP: 54.159.51.118
2018-12-17 18:55