Nadiem Makarim, sebagai menteri pendidikan Indonesia telah mencanangkan program merdeka belajar. Salah satu program dari merdeka belajar adalah kegiatan Asesmen Nasional. Merujuk dari website kemdikbud (Anbk.kemdikbud.go.id), Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Di dalam Asesmen Nasional terdiri dari 3 instrumen diantaranya:

  1. AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yakni mengukur literasi membaca dan numerasi (matematika) yang diikuti oleh peserta didik
  2. Survei karakter, yakni mengukur sikap, nilai, keyakinan dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid yang diikuti oleh peserta didik
  3. Survey lingkungan belajar, yakni mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan yang diikuti oleh tenaga pendidik di lingkungan satuan pendidikan.

            Bentuk dari Asesmen Nasional AKM dan Survei karakter pada peserta didik meliputi pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat serta uraian. Kegiatan Asesemen Nasional ini dilaksanakan dengan waktu yang berbeda di setiap tingkat satuan pendidikan. Sedangkan bentuk dari Survey Lingkungan Belajar pada tenaga pendidik hanya pilihan ganda.

             Di SMA Negeri 1 Tumpang, pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) diikuti oleh 45 siswa-siswi terpilih dari jurusan Ipa, Ips serta Bahasa. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yakni pada hari Senin-Sela dengan pembagian materi uji. Pada hari Senin 27 September 2021 peserta didik mengerjakan materi uji Literasi dan Survey Karakter. Kemudian pada hari Selasa 28 September 2021 peserta didik mengerjakan materi uji Numerasi dan Survey Karakter. Kegiatan ANBK bagi peserta didik dilaksanakan di laboratorium komputer sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini terlihat dari pembagian kelompok pada 45 siswa terpilih ke dalam 3 ruangan laboratorium komputer.

           Selain kegiatan Asesmen Nasional yang diikuti oleh peserta didik, terdapat pula kegiatan Survey Lingkungan Belajar yang diikuti oleh tenaga pendidik di lingkungan SMA Negeri 1 Tumpang yang diikuti oleh bapak-ibu pengajar. Sama halnya dengan peserta didik, bapak-ibu pengajar pun dibagi ke dalam 2 ruangan pada waktu 2 hari, pengerjaan Survey Lingkungan Belajar dilaksanakan secara bergantian agar sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19. 

669147
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
888
430
2631
664438
10167
9933
669147
Your IP: 3.238.142.134
2024-03-28 13:03