Nadiem Makarim, sebagai menteri pendidikan Indonesia telah mencanangkan program merdeka belajar. Salah satu program dari merdeka belajar adalah kegiatan Asesmen Nasional. Merujuk dari website kemdikbud (Anbk.kemdikbud.go.id), Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Di dalam Asesmen Nasional terdiri dari 3 instrumen diantaranya:

  1. AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yakni mengukur literasi membaca dan numerasi (matematika) yang diikuti oleh peserta didik
  2. Survei karakter, yakni mengukur sikap, nilai, keyakinan dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid yang diikuti oleh peserta didik
  3. Survey lingkungan belajar, yakni mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan yang diikuti oleh tenaga pendidik di lingkungan satuan pendidikan.