Kegiatan belajar mengajar pastinya terasa membosankan jika hanya dilakukan dengan menggunakan buku, guru yang hanya ceramah, dan pembelajaran yang hanya bermodalkan power point saja. Proses pembelajaran yang hanya monoton tentu juga tidak akan mendapatkan hasil yang baik dalam tujuan belajar. Sebagai seorang pengajar pasti memiliki tujuan yang sama yaitu agar proses pembelajaran yang dilakukan akan menyenangkan dan siswa dapat antusias dalam mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, pengembangan media belajar yang kreatif sangat dibutuhkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran agar siswa tidak bosan dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Salah satu media belajar yang dapat dikembangkan adalah dengan menggunakan permainan.

Seperti yang dilakukan dalam mata pelajaran Sosiologi, dimana pengembangan media yang digunakan adalah dengan menggabungkan antara belajar dengan bermain. Permainan yang digunakan adalah tebak kata, dimana dalam permainan ini menggunakan materi Sosiologi yang telah dipelajari pada materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya yang kemudian dijadikan sebagai kata kunci dalam permainan. Kata kunci ini kemudian dituliskan pada lembaran kertas kecil yang kemudian digulung.

Permainan dilakukan dengan membentuk kelompok kecil dalam satu kelas, kemudian disetiap kelompok ditunjuk satu persatu secara bergantian untuk maju kedepan dan mengambil gulungan kertas yang didalamkan terdapat kata kunci. Setelah mengambil kertas, siswa disuruh untuk memperagakan atau memberi clue terkait apa yang tertulis dalam kertas tersebut kemudian setiap kelompok boleh menebak apa isi yang ada didalam kertas tersebut. Untuk kelompok yang dapat menebak kata kita bisa memberikan mereka poin dan untuk kelompok yang menjadi pemenangnya juga nantinya bisa diberikan reward kecil untuk mereka agar siswa lebih semangat.

Dalam mata pelajaran Sosiologi sendiri, media pembelajaran berbasis permainan ini telah dilakukan di beberapa kelas. Diantaranya adalah di kelas X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3, X IPS 4, X IPS 5, XI IPS 4, dan XI IPS 5,  dimana pada beberapa kelas tersebut terlihat siswa antusias dalam mengikuti permaianan tebak kata ini baik mereka yang bertugas memberi clue maupun mereka yang menebak kata.

 

 Penulis: Nur Faizah Isnaeni (Sosiologi AM 22)

422479
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
103
550
2899
416414
10884
15205
422479
Your IP: 44.201.96.43
2022-06-25 02:28