Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) termasuk individu-individu yang memasuki masa remaja madya yang berusia 15-18 tahun. Masa remaja merupakan suatu periode dalam perkembangan yang dijalani seseorang sejak berakhirnya masa kanak-kanak sampai datangnya awal masa dewasa (Alberty dalam Syamsuddin, 2007: 130). Setiap siswa SMA pastinya memiliki karakteristik dan sifat – sifat yang berbeda beda dan mengalami banyak perubahan misalnya ingin menyendiri, bosan, emosi yang tinggi serta hilangnya rasa kepercayaan diri.Tentunya semua siswa menjadi kebanggan setiap keluarga yang diharapkan mampu untuk sukses dan membanggakan.Lantas bagaimana sih tips untuk menjadi siswa yang membanggakan keluarga yaitu yang aktif, kreatif dan berprestasi ? Berikut ulasannya :

  1. Mempelajari dan mengembangkan ide-ide serta konsep-konsep yang baru dan menantang

Ketika siswa menemui ide-ide dan konsep yang cermelang diharapkan untuk mampu mengembangkan ide dan konsep yang dimiliki agar ide dan konsep tersebut menjadi sebuah ide-ide yang dapat bermanfaat untuk semua orang. Mengembangkan ide yang didapatkan ini bisa berkolaborasi dengan rekan sejawat atau guru yang berkompeten di sekolah. Ide sederhan pun bisa menjadi luar biasa jika dikembangkan dengan sungguh-sungguh. 

  1. Menggunakan kemampuan untuk berusaha, bertanya dan berpikir

Sebelumnya, siswa harus dilandasi dengan niat yang sungguh-sungguh untuk belajar. Dengan adanya niat yang ikhlas, akan muncul pelajar yang dengan sendirinya berkeinginan untuk berusaha secara maksimal, tidak malu-malu untuk bertanya dan berpikir dengan kritis. Niat yang ikhlas dalam belajar akan mengawali untuk menjadi siswa yang aktif dan kreatif serta berprestasi.

  1. Belajar disiplin dengan mengatur waktu yang baik

Waktu merupakan sesuatu yang mutlak tidak dapat dibeli, tidak dapat mundur dan tidak dapat dimajukan. Oleh sebab itu, siswa diharapkan mampu memanagemen waktu yang dimilikinya. Mengatur sedemikian rupa agar setiap detik yang dilalui menjadi detik yang bermanfaat. Dengan manajemen waktu yang baik, para siswa mampu memanfaatkan waktu yang dimilikinya dengan kegiatan bermanfaat. Mulailah belajar memanajemen waktu dari sekarang. Manajemen waktu untuk belajar, organisasi, membantu orangtua, atau juga berbisnis semenjak jenjang sekolah.

  1. Mampu menyeimbangkan antara belajar dengan organisasi

Siswa mampu menyeimbangkan antara belajar dengan organisasi. Jangan sampai belajar tertinggal karena organisasi dan jangan sampai organisasi dilupakan karena belajar. Dengan kata lain “Belajar itu nomor satu , tetapi organisasi tidak boleh di nomor duakan”

  1. Mampu menumbuhkan dan melakukan interaksi sosial

Kebanyakan dari pelajar-pelajar hebat adalah pelajar-pelajar yang kurang bergaul dengan lingkungan sekitar, Mereka hanya sibuk dengan buku-buku. Itu juga merupakan hal yang keliru, pelajar yang hebat itu mampu bergaul dengan masyarakat dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

  1. Melakukan kegiatan pembelajaran dengan continue

Belajar dan belajar. Itu adalah hal yang harus selalu dilakukan oleh siswa yang beringinan menjadi siswa aktif , kreatif dan berprestasi. Belajar tidak boleh setengah-setengah. Belajar harus dilakukan secara rutin atau kontinu. Belajar dengan rutin, managemen waktu pun akan tertata dengan baik.

  1. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah

Untuk menjadi siswa aktif dan kreatif, diharapkan pelajar memiliki kemampuan dalam mengatasi berbagai masalah yang dialaminya. Pelajar yang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah adalah pelajar yang sangat hebat dan kreatif. Memecahkan masalah dengan cara sederhana adalah salah satu contoh bentuk sikap kreatifnya. Jangan pula siswa menyerah jika ditimpa sebuah permasalahan. Teruslah berjuang. Evaluasi diri. Tingkatkan kualitas pribadi.

Nahh, itulah tadi tips yang bisa dilakukan menjadi siswa yang aktif, kreatif dan berprestasi yang mempu membanggakan keluarga. Menurut saya tips tadi sangatlah penting jika dilakukan dengan sungguh – sungguh.

 

Oleh : Ayuni Nunuk Fatmasari, Mahasiswa Asistensi Mengajar 2022 (Pendidikan Geografi)

680424
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
206
780
5444
672069
10158
11286
680424
Your IP: 3.133.109.211
2024-04-20 08:56