1. Menjaga Pola Makan
  2. Olah raga teratur
  3. Mengatur waktu tidur
  4. Menjaga pola pikir

 

Tapi, bagaimana menerapkannya? Tenang, ada penjelasannya sahabat. Berikut penjelasannya:

 

  1. Saat ini makanan sudah sangat bermacam-macam mulai dari bentuk maupun warnanya yang menggiurkan sekali, tak hanya aromanya yang sedap tetapi rasanya pun sunggur luar biasa, namun perlu kita sadari bahwa makanan-makanan seperti fast food, ataupun yang berminyak itu tidak baik kita konsumsi terlalu sering dan berlebihan, karena apa?, jika kita terlalu banyak makan makanan seperti itu akan menimbulkan banyak sekali macam penyakit yang dapat mengganggu kesehatan kita, nah untuk itu dengan menjaga pola makan yang baik, kita dapat menjaga kesehatan kita, dengan cara, setiap hari usahakan, selalu makan sayur, lauk pauk, susu atau biasa kita sebut 4 sehat 5 sempurna, lalu kunyahlah makanan sebelum ditelan, hindari minum-minuman beralkohol, jangan sering-sering minum soda, kurangi makanan junk food.

 Tubuh kita ini membutuhkan makanan sebagai sumber energi dalam melakukan berbagai aktifitas, nah didalam makanan itu sendiri terdapat kalori, jika kita tidak dapat mengolah kalori tersebut dengan benar maka akan menjadi penyakit untuk itu kita perlu melakukan olah raga. Nah tapi seringkali seseorang jika mempunyai waktu libur lupa untuk berolah raga, dengan berbagai macam alasan. Jika kita ingin hidup sehat cobalah untuk selalu berolah raga dengan teratur, dan usahakan 3 kali seminggu. Nah untuk olah raga nya sendiri, kalian dapat melakukan olahraga yang kalian sukai seperti voli, basket, bulu tangkis dan lain-lain tetapi jangan melebihi batas kemampuan kalian, dan agar teratur kita bisa melakukan olah raga yang ringan seperti lari-lari kecil dan juga workout, apa itu workout?, workout adalah olahraga yang paling mudah dan efektif untuk menjaga kebugaran tubuh yang hanya dilakukan dalam 7 menit, contohnya adalah push up ,sit up, wall sit, jumping jacks dan lain-lain, dengan adanya olahraga yang kita lakukan ini kita dapat menjaga kesehatan kita dengan baik,

 

  1. Dengan kesibukan kita setiap hari kita sering sekali menghiraukan waktu tidur agar pekerjaan atau tugas dapat selesai dengan cepat, namun kebiasaan itu sebenarnya tidak baik, karena tubuh kita ini membutuhkan istirahat yang cukup, kita tidak bisa terus memaksanya melakukan pekerjaan itu nonstop, karena tubuh kita ini jika diibaratkan. Seperti robot, ia akan kehabisan baterai dan perlu di charge untuk dapat melakukan pekerjaan, begitupun dengan kita yang perlu tidur agar dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Nah menurut penelitian orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-9 jam perhari. Walaupun sebenarnya waktu tidur setiap orang berbeda-beda, karena ada yang hanya membutuhkan waktu tidur 5 jam saja perhari untuk memulihkan tubuhnya. Kita juga harus mengatur pola tidur yang baik, jika kita biasa tidur jam 9 malam maka, usahakan rutin jam 9 malam, dan biasakan untuk selalu bangun pagi. Menurut penelitian jika seorang siswa yang mempunyai waktu tidur yang dilakukan rutin akan berdampak baik pada prestasinya dari pada yang mempunyai waktu tidur tidak teratur.
  2. Dengan aktifitas kerja kita yang sangat banyak, kita sering sekali merasa stress berpikiran negatif, hal ini dikarenakan pola pikir yang kurang baik, sebelum kita membahas lebih lanjut pola pikir ini apa sih?, pola pikir adalah respons emosional yang kita berikan kepada aktivitas normal sehari-hari, nah menjaga pola pikir ini sangat penting dalam menjaga kesehatan kita, karena jika kita tidak menjaga kesehatan psikis kita akan berdampak juga terhadap kesehatan fisik kita. Nah ada beberapa cara agar kita selalu berfikir positif diantaranya adalah kita harus menentang pikiran-pikiran negatif kita, usahakan selalu menanggapi kejadian tidak enak yang menimpa kita dipikiran dari sisi positifnya.

 

Nah itulah beberapa tips dari pak Johan, yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita, ingatlah untuk selalu menerapkan pola hidup sehat.

 

 

  

Elmira Sihab (XI MIA 2)

053266
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
531
487
3187
47184
9316
11420
53266
Your IP: 3.92.28.84
2019-07-20 20:07