SMA N 1 Tumpang SMA N 1 Tumpang SMA N 1 Tumpang SMA N 1 Tumpang

 

MALANG – Dua siswa Kota Malang berhasil meraih medali emas diajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Jogjakarta. Mereka adalah I Wayan Galih Rusnata dari SMPN 8 Malang dan Ardenti Rucira Zuhra dari SDN Sawojajar 5 Malang.
Galih berhasil memperoleh medali emas pada cabang olah raga (cabor) atletik (trilomba) Putra. Sementara Ardenti mampu menyabet medali emas di cabor renang 50 m gaya punggung putri.
 
Berdasarkan pantauan Malang Post hingga pukul 15.18 WIB, perolehan medali provinsi Jawa Timur (jatim) di ajang O2SN 2018 tingkat nasional sebanyak 16 emas, 12 perak, dan 11 perunggu. Total yang diraih yakni 41 medali sehingga menjadi peringkat kedua se-Indonesia.
Dihubungi Malang Post, Galih sapaan akrabnya mengaku senang mampu meraih medali emas untuk Kota Malang. Ini menjadi emas pertamanya di tingkat Nasional, lantaran selama ini masih memperoleh emas di tingkat kota.
“Senang sekali, karena perjuangan latihan setiap harinya tidak sia-sia,” ujar Galih.
Perolehan medali emas ini bukan tanpa perjuangan, lantaran setiap harinya harus tetap latihan selama dua kali, pagi dan sore. Meski menjalani latihan rutin namun kewajibannya sebagai pelajar di SMPN 8 Malang juga tak keteteran karena latihan sore dilakukan sepulang sekolah.
Ia melanjutkan, latihan rutin tersebut dijalan selama 6 hari dalam satu minggu. Dalam seharinya dua kali latihan dengan durasi 2 hingga 3 jam. Ketika bertanding di O2SN Galih juga merasa grogi lantaran lawan berasal dari seluruh Indonesia dengan kemampuan yang tak kalah bagusnya.
“Musuhnya berat-berat. Apalagi ini menjadi pengalaman pertama, lantaran O2SN tahun lalu masih ikut eksebisi seleksi tingkat kota karena kalah sama teman saya waktu tes,” terang siswa kelas IX ini.
Perolehan medali emas di ajang O2SN 2018 ini memacu semangatnya untuk terus mengukir prestasi dan membanggakan kedua orang tua. Bahkan latihan rutin tetap dijalaninya sebagai persiapan menuju seleksi kejuaraan nasional (kejurnas). “Latihan terus sampai mendekati seleksi kejurnas,” pungkasnya. (lin/oci)