Sakit??, siapa sih yang ingin sakit, tentu semua orang tidak ingin mengalami gangguan kesehatan atau biasa kita sebut sakit. Nah, sahabat WIT@ tau gak sih, apa itu sakit?, sakit itu persepsi seseorang jika ia merasa kesehatannya terganggu, jika kita sakit, hal ini dapat mengganggu aktifitas kita, dan akan membuat kesehatan mental kita terganggu contohnya stress, untuk itu kita perlu menjaga kesehatan kita, seringkali kita ingin mencoba untuk berpola hidup sehat namun sulit sekali untuk terus konsisten melakukannya, sebenarnya ada banyak cara hidup sehat yang mudah dilakukan dan diikuti semua orang, nah ini nih salah satunya tips untuk sahabat wita yang ingin mengatur pola hidup yang sehat, ingin tau lebih lanjut?, let's check this out!

 

  1. Menjaga Pola Makan
  2. Olah raga teratur
  3. Mengatur waktu tidur
  4. Menjaga pola pikir

 

Tapi, bagaimana menerapkannya? Tenang, ada penjelasannya sahabat. Berikut penjelasannya:

 

  1. Saat ini makanan sudah sangat bermacam-macam mulai dari bentuk maupun warnanya yang menggiurkan sekali, tak hanya aromanya yang sedap tetapi rasanya pun sunggur luar biasa, namun perlu kita sadari bahwa makanan-makanan seperti fast food, ataupun yang berminyak itu tidak baik kita konsumsi terlalu sering dan berlebihan, karena apa?, jika kita terlalu banyak makan makanan seperti itu akan menimbulkan banyak sekali macam penyakit yang dapat mengganggu kesehatan kita, nah untuk itu dengan menjaga pola makan yang baik, kita dapat menjaga kesehatan kita, dengan cara, setiap hari usahakan, selalu makan sayur, lauk pauk, susu atau biasa kita sebut 4 sehat 5 sempurna, lalu kunyahlah makanan sebelum ditelan, hindari minum-minuman beralkohol, jangan sering-sering minum soda, kurangi makanan junk food.

 

  1. Tubuh kita ini membutuhkan makanan sebagai sumber energi dalam melakukan berbagai aktifitas, nah didalam makanan itu sendiri terdapat kalori, jika kita tidak dapat mengolah kalori tersebut dengan benar maka akan menjadi penyakit untuk itu kita perlu melakukan olah raga. Nah tapi seringkali seseorang jika mempunyai waktu libur lupa untuk berolah raga, dengan berbagai macam alasan. Jika kita ingin hidup sehat cobalah untuk selalu berolah raga dengan teratur, dan usahakan 3 kali seminggu. Nah untuk olah raga nya sendiri, kalian dapat melakukan olahraga yang kalian sukai seperti voli, basket, bulu tangkis dan lain-lain tetapi jangan melebihi batas kemampuan kalian, dan agar teratur kita bisa melakukan olah raga yang ringan seperti lari-lari kecil dan juga workout, apa itu workout?, workout adalah olahraga yang paling mudah dan efektif untuk menjaga kebugaran tubuh yang hanya dilakukan dalam 7 menit, contohnya adalah push up ,sit up, wall sit, jumping jacks dan lain-lain, dengan adanya olahraga yang kita lakukan ini kita dapat menjaga kesehatan kita dengan baik,

 Dengan kesibukan kita setiap hari kita sering sekali menghiraukan waktu tidur agar pekerjaan atau tugas dapat selesai dengan cepat, namun kebiasaan itu sebenarnya tidak baik, karena tubuh kita ini membutuhkan istirahat yang cukup, kita tidak bisa terus memaksanya melakukan pekerjaan itu nonstop, karena tubuh kita ini jika diibaratkan. Seperti robot, ia akan kehabisan baterai dan perlu di charge untuk dapat melakukan pekerjaan, begitupun dengan kita yang perlu tidur agar dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Nah menurut penelitian orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-9 jam perhari. Walaupun sebenarnya waktu tidur setiap orang berbeda-beda, karena ada yang hanya membutuhkan waktu tidur 5 jam saja perhari untuk memulihkan tubuhnya. Kita juga harus mengatur pola tidur yang baik, jika kita biasa tidur jam 9 malam maka, usahakan rutin jam 9 malam, dan biasakan untuk selalu bangun pagi. Menurut penelitian jika seorang siswa yang mempunyai waktu tidur yang dilakukan rutin akan berdampak baik pada prestasinya dari pada yang mempunyai waktu tidur tidak teratur.

  1. Dengan aktifitas kerja kita yang sangat banyak, kita sering sekali merasa stress berpikiran negatif, hal ini dikarenakan pola pikir yang kurang baik, sebelum kita membahas lebih lanjut pola pikir ini apa sih?, pola pikir adalah respons emosional yang kita berikan kepada aktivitas normal sehari-hari, nah menjaga pola pikir ini sangat penting dalam menjaga kesehatan kita, karena jika kita tidak menjaga kesehatan psikis kita akan berdampak juga terhadap kesehatan fisik kita. Nah ada beberapa cara agar kita selalu berfikir positif diantaranya adalah kita harus menentang pikiran-pikiran negatif kita, usahakan selalu menanggapi kejadian tidak enak yang menimpa kita dipikiran dari sisi positifnya.

 

Nah itulah beberapa tips dari pak Johan, yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita, ingatlah untuk selalu menerapkan pola hidup sehat.

Emira Shihab XI-IPA 2

BAB I

PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mengemban fungsi tersebut pemerintah menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah rasa, dan olah raga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia. Peningkatan efisiensi manajemen pendidikan dilakukan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah dan pembaharuan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Dengan diberlakukannya Kurikulum 2013 di 1.273 SMA untuk tahun pelajaran 2013-2014, termasuk SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang, dan berdasarkan hasil evaluasi terhadap dokumen kurikulum yang ada (kurikulum 2014-2015), maka SMA Negeri 1 Tumpang perlu melakukan revisi terhadap dokumen tersebut, begitu juga dalam implementasinya.

Memperhatikan kondisi riil SMA Negeri 1 Tumpang yang berada di lingkungan penduduk yang sudah lebih maju dibanding dengan sebagian daerah lain di Kabupaten Malang, maka pengembangan kurikulum juga harus disesuaikan dengan kondisi tersebut.

 

Baca Selengkapnya Disini . . .

        Semua program yang telah direncanakan pada setiap Wakil Kepala Sekolah dan Kepala Tata Usaha dituangkan dalam program jangka pendek dan jangka menengah. Dan sejak berlakunya KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) semua program di atas dijadikan sebagai Kurikulum SMA Plus Negeri 1 Tumpang. yang dilakukan di atas, secara keseluruhan berjalan cukup baik dan sukses. 
Hasil yang belum dicapai pada tahun sebelumnya diusahakan dapat tercapai pada tahun berikutnya, tentukan evaluasi dan refleksi selalu dilaksanakan setiap tahun.
Dari semua program yang telah disusun terlihat bahwa muaranya untuk mencapai tingkat terbaik dalam penyaluran siswa ke Perguruan Tinggi Negeri Favorit. 
Sebagai sekolah menengah atas maka indikator dari keberhasilan adalah berapa banyak siswa yang berhasil masuk ke dalam Perguruan Tinggi ternama. Meskipun berbagai usaha kerjasama dijalankan dengan tujuan memenuhi fasilitas dan perlengkapan serta pembiayaan, semua hal tersebut hanya jalan untuk mencapai prestasi terbaik bagi seluruh siswa. 
Untuk itu SMA Negeri 1  Tumpang terus berusaha untuk terus meningkatkan kualitas dan bekerjasama dengan berbagai pihak baik di Kabupaten Malang maupun di luar Kabupaten Malang  yang peduli pada sektor pendidikan.

 

A. Kerjasama dengan Kepolisian dan Kodim


     Di usia remaja ini ada kecenderungan siswa untuk meniru dan melakukan kegiatan yang menarik perhatian banyak orang. Salah satu kegiatan negatif yang dilakukan remaja adalah tawuran, balap liar dan mencoba narkoba.
Pada usia remaja ini jika tidak mendapat perhatian serius dari orang tua dan sekolah akan menjadi masalah besar dikemudian hari, karena para remaja ini merupakan generasi masa depan yang akan menentukan arah dan nasib bangsa. 
Untuk menghadapi dan mencegah hal-hal yang negatif yang bisa saja terjadi pada siswa SMA Negeri 1 Tumpang mengadakan kerjasama dengan Kepolisian Resort Tumpang  dan Kodim Tumpang. Kerjasama ini telah dilakukan sejak tahun 2010. Bentuk kerjasama ada dua macam yaitu pembinaan siswa.

 

B. Kerjasama dengan STIMIK ASIA

            Salah satu kriteria keberhasilan Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah jumlah siswa yang yang mengikuti kegiatan lomba olimpiade sainrusnya meraih juara. Demikian juga SMA negeri 1  Tumpang didalam meningkatkan mutu peserta OSN khususnya Komputer makan sekolah mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi dalam pembinaan OSN.

 

C. Menjalin Kerjasama Perguruan Tinggi
             Salah satu kriteria keberhasilan Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah jumlah siswa yang diterima di Perguruan Tinggi ternama baik di dalam maupun di luar negeri. Demikian juga SMA P negeri 1 Tumpang , untuk dapat mewujudkan apa yang menjadi tujuan diperlukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi. 
Sejak tahun 2006 SMA Negeri tumpang  telah melakukan kerjasama dan menjalin hubungan baik dengan beberapa Perguruan Tinggi. SMA Negeri 1 Tumpang  selalu berperan aktif setiap PT yang bersangkutan mengadakan kegiatan berkaitan dengan siswa SMA. Seperti kemah bakti di UM, lomba debat, lomba karya ilmiah remaja dan lain-lain.
             Untuk kerjasama dengan Perguruan Tinggi di Pulau Jawa seperti UGM, IPB, UNY, ITB, dan khususnya Perguruan tinggi di Malang yaitu UM, UB, UIN Malang dan Perguruan Tinggi swasta di wilayah malang. Perguruan tinggi ini memberikan layanan informasi ke SMA Negeri 1 Tumpang  setiap tahun mengadakan kunjungan untuk memberikan wawasan kepada siswa dalam memilih Peruruan Tinggi di Pulau Jawa atau di luar jawa.

 

D. Kerjasama dengan Universitas Negeri Malang.

           Bentuk kerjasama dengan universitas negeri Malang dengan SMA Negeri 1 tumpang, salah satunya adalah sebagai tempat praktik kajian pengalaman lapangan. Dan tempat tempat penelitian para mahasiswa baik di semester akhir maupun semester awal.

 

NO

NAMA

ALAMAT

MAPEL

1

Drs AGUS SISWANTO , -

Jl. PAHLAWAN TIMUR NO 284 TUMPANG, RT 016 RW 002, Kel/Desa TUMPANG, Kec. Tumpang

SOSIOLOGI

2

AMNAH , SP.d

Dusun Jambon, RT 03 RW 02, Kel/Desa Pakis Kembar, Kec. Pakis

B. INGGRIS

3

AMRIH UTAMI, S.Pd

Dsn.Magersari no.19, RT 03 RW 06, Kel/Desa Purwoasri, Kec. Singosari

BIOLOGI

4

ANIS HERLIANINGSIH, S.Pd

JL.KAMBOJA KEBONSARI, RT 31 RW 03, Kel/Desa TUMPANG, Kec. Tumpang

FISIKA

5

ARUMI, S.Pd

Jl. Dahlia No.25, RT 011 RW 005, Kel/Desa Malangsuko, Kec. Tumpang

SEJARAH

6

ASLAM SANTOSO , S.Pd.

JL. RAYA TONDANO F2 L16, RT 6 RW 12, Kel/Desa SAWOJAJAR, Kec. Kedungkandang

SEJARAH INDONESIA

7

CHOIRATUN NADLIROH , S.Ag

nongkosewu, RT 16 RW 04, Kel/Desa karangnongko, Kec. Poncokusumo

PAI

8

CHUSNUL CHOTIMAH , S.Sos

JL. PELB TANJUNG PERAK NO 256, RT 03 RW 02, Kel/Desa BAKALAN KRAJAN, Kec. Sukun

SOSIOLOGI

9

Drs. DADIK WIJISANTOSO

JL. RAYA, RT 001 RW 001, Kel/Desa SLAMPAREJO, Kec. Jabung

 

10

Dra. DEWA AYU MADE SUTIASIH

Perum PEPABRI A04, RT 001 RW 001, Kel/Desa Sukolilo, Kec. Jabung

MATEMATIKA

11

DISI ADELINA , S.Pd

Jl. Anjangsana 213, RT 09 RW 04, Kel/Desa Randugading, Kec. Tajinan

SEJARAH

12

DRA DWI RAHAYU NARULITAWATI

JL. DANAU BRATAN TIMUR B./26, RT 01 RW 11, Kel/Desa MADYOPURO, Kec. Kedungkandang

KIMIA

13

Dra DWI SUNARSIH

D Maninjau Barat III B2 G13, RT 006 RW 009, Kel/Desa SAWOJAJAR, Kec. Kedungkandang

SEJARAH

14

Dra. DWI WIJAYANTI

PERUM.MANGLIAWAN PERMAI BLOK. B.59, RT 002 RW 015, Kel/Desa Mangliawan, Kec. Pakis

GEOGRAFI

15

DWIJAH MARWATI , S.Pd

JL.SAKURA 57, RT 06 RW 03, Kel/Desa MALANGSUKO, Kec. Tumpang

BIOLOGI

16

EDY PARLINDUNGAN , S.Pd., M.Pd.

Jl. K.H. Wahid Hasyim, RT 9 RW 3, Kel/Desa Gading, Kec. Bululawang

 

17

Drs. EKO MUHAMMAD NURCAHYONO ,

Jl. MAWAR No. 189, RT 004 RW 002, Kel/Desa MALANGSUKO, Kec. Tumpang

PENJASORKES

18

Dra EKOWATI SUMINTO

Jl.Danau Semayang Blok E/2B no 24, RT 09 RW 07, Kel/Desa LESANPURO, Kec. Kedungkandang

BIMBINGAN DAN KONSELING

19

Dra ENDANG SUSIOWATI , M.MPd

Jl. RONGGOWUNI 176, RT 016 RW 007, Kel/Desa TUMPANG, Kec. Tumpang

SENI BUDAYA

20

Dra ENNY SUSILOWATI

Dusun Ngamprong, RT 03 RW 05, Kel/Desa Desa Banjarejo, Kec. Pakis

BIMBINGAN KONSELING

21

FITROTUN NAFSIYAH , SPd

Jl Mawar 26, RT 05 RW 02, Kel/Desa Malangsuko, Kec. Tumpang

PKN

22

HARTINI DEWI , S.Pd

JL. HASANUDIN , RT 14 RW 04, Kel/Desa JERU, Kec. Tumpang

FISIKA

23

HERRY EFFENDY , M.Pd

Jl. Candi Telagawangi 45A , RT 03 RW I, Kel/Desa Mojolangu, Kec. Lowokwaru

 

24

Drs. IKHWAN

Dusun Urek-Urek, RT 09 RW 03, Kel/Desa ASRIKATON PAKIS KAB.MALANG, Kec. Pakis

 

25

IMAM GHOZALI , S.Pd.

JL. BENDUNGAN SIGURA GURA III/26, RT 1 RW 7, Kel/Desa SUMBERSARI, Kec. Lowokwaru

 

26

INTARTI SULISTIYANI , S.Pd.

Jl. Anusopati No. 16 , RT RW , Kel/Desa Tumpang, Kec. Tumpang

 

27

Drs KARTONO BUDI PRASETYO

JALAN BANTARAN III/16, RT 003 RW 004, Kel/Desa TULUSREJO, Kec. Lowokwaru

B. INGGRIS

28

LESTARI SOHO ASIH , S.Pd.

JL. ISMAIL, RT 4 RW 2, Kel/Desa WONOMULYO, Kec. Poncokusumo

B. INGGRIS

29

LILIK ASTUTI

WISNUWARDHANA 306, RT 009 RW 008, Kel/Desa TUMPANG, Kec. Tumpang

 

30

LOKA WIDIASTUTI , S.Pd

JL. ABDILAH GANG MASJID ROUDLOTUSY SYIFA , RT 003 RW 008, Kel/Desa MANGLIAWAN, Kec. Pakis

GEOGRAFI

31

Dra MAISYAROH AISIYAH

JALAN LUCARI NO. 131, RT 08 RW 01, Kel/Desa Tumpang, Kec. Tumpang

SASTRA INDONESIA

32

MAS'AMAH , S.Pd.

DSN. KRAJAN, RT 8 RW 3, Kel/Desa SUMBERPASIR, Kec. Pakis

BIMBINGAN DAN KONSELING

33

MASULAH , S. Pd.

JL. KAMBOJA 02, RT 02 RW 01, Kel/Desa MALANGSUKO, Kec. Tumpang

SASTRA INDONESIA

34

MOCHAMAD DOHRI

Jl. Cempaka , RT 21 RW 08, Kel/Desa Malangsuko, Kec. Tumpang

 

35

MOCHAMAD KODIM , S.Pd

Jl. Dahlia , RT 011 RW 005, Kel/Desa Desa Malangsuko, Kec. Tumpang

KIMIA

36

MOKH. AGUNG SANTOSO , S.Pd. , M.Pd.

jl. Simp. LA Sucipto I / 8, RT 06 RW 10, Kel/Desa Pandanwangi, Kec. Blimbing

SASTRA INDONESIA

37

NURWANTO , S.Pd.

JL. SIMPANG LEDOK, RT 1 RW 3, Kel/Desa PAKISJAJAR, Kec. Pakis

SASTRA INDONESIA

38

Drs PRIANGGONO

JALAN KERTANEGARA 1/3, RT 001 RW 006, Kel/Desa CANDIRENGGO, Kec. Singosari

MATEMATIKA

39

Drs PURWOTO

DUSUN PONCOKUSUMO , RT 002 RW 004, Kel/Desa PONCOKUSUMO, Kec. Poncokusumo

PENJASORKES

40

DRA RETNA PRATIWI TJAHJANINGDYAH

jalan Cakalang Permai 16, RT 4 RW 6, Kel/Desa Polowijen, Kec. Blimbing

BAHASA INGGRIS

41

RIATI, S.Pd

JL.BAUKSIT 61 MALANG, RT 04 RW 09, Kel/Desa PURWANTORO, Kec. Blimbing

EKONOMI

42

SAYIT ABDULLAH

Krajan, RT 03 RW 02, Kel/Desa Bunut Wetan, Kec. Pakis

 

43

Drs. SISWANTORO , M.Pd.

PERUM PAKISJAJAR BLOK D-17, RT 3 RW 5, Kel/Desa PAKISJAJAR, Kec. Pakis

PENJASORKES

44

DRA SITI MACHMUDAH

BUGIS KRAJAN, RT 04 RW 05, Kel/Desa SAPTORENGGO, Kec. Pakis

SASTRA INDONESIA

45

Dra SRI OETARI HANDIASTUTI

jalan Anila VI blok 9 H/24 Sawojajar 2, RT 02 RW 10, Kel/Desa Sekarpuro, Kec. Pakis

BIMBINGAN DAN KONSELING

46

SURATNO , S.Pd.

Jln. Wisnuwardhana No 142 Jago, RT 004 RW 008, Kel/Desa Tumpang, Kec. Tumpang

BIMBINGAN DAN KONSELING

47

SUWONDO , S.Pd

jl.kapi anala 3 blok 15l no.17, RT 02 RW 14, Kel/Desa sekarpuro, Kec. Pakis

 

48

Drs. SYAHADA NIZAR

JL. ARIF RAHMAN HAKIM IIC/1186, RT 006 RW 010, Kel/Desa Kauman, Kec. Klojen

 

49

Dra TITIN AGUSTINA

Jl. Cempaka No. 454, RT 23 RW 02, Kel/Desa Tumpang, Kec. Tumpang

BAHASA JERMAN

50

Drs TOMIK HERI SUBYAKTO

WISNUWARDHANA 306, RT 09 RW 08, Kel/Desa TUMPANG, Kec. Tumpang

FISIKA

51

WANTRIS MUNTARWATI , S.Pd

PERUM MANGLIAWAN PERMAI BLOK A NO A/43, RT 001 RW 015, Kel/Desa MANGLIAWAN, Kec. Pakis

MATEMATIKA

52

WIDODO YATMOKOHADI , S.Pd.

JL. LUCARI 132, RT 8 RW 1, Kel/Desa TUMPANG, Kec. Tumpang

MATEMATIKA

53

Dra. YUNI SULISTYOWATI

JL. KARYA TIMUR 1/37B, RT 4 RW 7, Kel/Desa PURWANTORO, Kec. Blimbing

EKONOMI

54

YUNITA INDAH LESTARI

Jl. Karyawan No. 165 Tumpang, RT 10 RW 04, Kel/Desa Tumpang, Kec. Tumpang

 

55

ZULMASULA , S.Pd

Dusun wiroto no 57, RT 02 RW 01, Kel/Desa Desa Slamet, Kec. Tumpang

FISIKA

 

158041
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
216
334
1804
153756
2215
8450
158041
Your IP: 3.228.11.9
2020-08-07 15:48